Sunday, May 27, 2018

Observasi layanan perbankan (Electronic Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking) Menu dan Fungsi masing-masing


Electronic Banking

E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang 7722 Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain:
a). aplikasi mudah digunakan;
b). layanan dapat dijangkau dari mana saja;
c). murah;
d). dapat dipercaya;
e). dapat diandalkan (reliable).
·         ATM
Mungkin di khalayak umum, menganggap bahwa ATM hanya sebagai penarik uang saja. Nah, dalam buku bijak yang dikeluarkan oleh OJK. Buku ini telah menjelaskan bahwa adanya informasi detail mengenai ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau automated teller machine.
Di mana buku tersebut menjelaskan bahwa ATM menjelaskan adanya 4 jenis ATM.  Yaitu ATM tunai, non-tunai, ATM setor tunai, hingga ATM lengkap.

ATM Tunai – bertransaksi tunai dan menarik uang melalui mesin ATM
− Untuk ATM Non Tunai fitur khusus untuk transfer, bayar tagihan, cek saldo, dan lain-lain
− ATM Setor Tunai atau biasa disebut sebagai Cash Deposit Machine (CDM). Fungsinya untuk menyetor uang, sehingga nasabah tanpa perlu antri untuk menabung.
− ATM Lengkap – fitur yang sangat lengkap dari transaksi tunai hingga setor tunai.
Sehingga, fungsi dari ATM ini bukan hanya untuk menarik uang saja. Melainkan juga dapat transfer uang, cek saldo, bayar tagihan kartu kredit, bayar listrik, beli pulsa, hingga pembayaran premi asuransi.
Menu ATM


·         EDC
Selain ATM, buku panduan dari OJK juga menjelaskan tentang EDS yaitu Electronic Data Capture. Fungsinya sebagai alat transaksi jual beli menggunakan kartu kredit atau debit tanpa menggunakan uang tunai. Jadi, ketika berbelanja Anda tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk membayarnya. Cukup gesek, maka Anda sudah membayar asal saldo atau limitnya mencukupi.
Dengan adanya EDC, maka orang ketika berbelanja dapat lebih praktis dilakukan. Umumnya, toko yang menyediakan EDC ini adalah toko-toko yang besar. Toko yang menyediakan barang dengan harga yang tak murah. Karena adanya batasan nominal transaksi setiap gesek atau bertransaksi dengan EDC.
Perlu diketahui juga bahwa EDC juga bukan hanya digesek, melainkan juga ada yang dengan cara ditempel dengan menggunakan kartu flash. EDC mulai semakin populer dengan adanya pembayaran. Seperti untuk pembayaran belanja, jalan tol, tiket pesawat, dan lain sebagainya membuat EDC semakin populer di kalangan E-Banking.
Adapun 3 jenis EDC yang biasa digunakan oleh toko yaitu :
     Fixed Line/Line Telepon – untuk membayar langganan atau tagihan listrik yang langsung tertuju ke PT Telkom.
     GPRS Power – mesin yang berdasarkan sinyal seluler yang digunakan saat bertransaksi.
     GPRS Mobile – mesin yang menggunakan baterai atau bisa diisi ulang.

Internet banking

Internet banking (i-banking) telah hadir sebelum adanya mobile banking, dan merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabah bertransaksi.
Fungsi i-banking layaknya sebuah ATM (kecuali fitur tarik tunai tidak dapat digunakan pada internet banking). Tetapi jelas bahwa i-banking memudahkan Anda karena tidak perlu pergi untuk menghampiri mesin ATM.
Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:

1. Transfer Dana, termasuk transfer antar rekening, transfer antar bank domestic, daftar transfer terjadwal.
2. Pembayaran, termasuk untuk tagihan rekening telepon, internet rumah, kabel TV, kartu kredit, rekening listrik, air, angsuran, asuransi, lain-lain.
3. Pembelian, termasuk pulsa telepon, online shopping dan saham.
4. Informasi Saldo Rekening, termasuk pengecekan saldo rekening seperti tabungan, GIRO atau deposito, pengecekan mutasi rekening dan pengecekan transaksi kartu kredit.
5. Informasi Nilai Tukar, termasuk kurs valuta asing dan investasi.
6. Fasilitas Layanan, termasuk layanan Notifikasi SMS, informasi suku bunga.

Internet Banking adalah sebuah platform yang diberikan oleh masing-masing perbankan untuk mempermudah para nasabahnya melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka atau bertemu. Internet Banking bisa dikatakan fasilitas yang diberikan Perbankan sebagai mediasi / alat pembayaran tanpa menggunakan uang tunai langsung.
Manfaat dari Internet Banking sangat banyak yaitu :

1.Tidak perlu lagi diribetkan dengan pembayaran dengan metode klasik.
2. Tidak perlu antri untuk mengambil uang di bank.
3. Pengiriman uang dapat dilakukan dalam waktu 24 jam.
4. Untuk melihat saldo rekening kita tanpa perlu ke bank
5. Transfer antar bank
6. Pembayaran rekening listrik, air, beli tiket pesawat atau kereta api, TV Kabel, Internet dan sebagainya.
7. Melihat mutasi rekening
8. Transaksi-transaksi lebih mudah, cepat, dan bernilai professional
Menu Internet Banking




Mobile banking

Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular / handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).
Arti istilah Mobile Banking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut atau disingkat dengan M-Banking. Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.
Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.Untuk operator GSM sudah support untuk transaksi via mobile banking namun untuk operator CDMA masih ada yang belum mendukung layanan mobile banking.
Jenis Transaksi :


1.Transfer dana antar rekening , virtual account dan antarbank
2. Pembayaran tagihan rekening telepon, air, listrik, internet, kabel TV, kartu kredit dan lain-lain
3. Pembelian pulsa telepon atau transaksi online shopping
4. Pengecekan saldo rekening dan mutasi rekening untuk tabungan, deposito, kartu kredit ataupun rekening lainnya
5. Cek saldo dan isi saldo e-money (mandiri,bca flash)
6. Pengecekan kurs dan suku bunga produk bank terkini

        Layanan Mobile banking memiliki kelebihan dibandingkan internet banking karena relatif mudah dalam mendapatkan konektivitas, sedangkan untuk internet banking tidak semua tempat ada jaringan internet. Hal ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehingga menghemat banyak waktu.
Manfaat Mobile banking adalah :

1. Menghindarkan Anda dari perjalanan ke bank
2. Membayar tagihan dengan mudah dan tepat waktu
3. Memantau saldo akun Anda
4. Bebas biaya
5. Transaksi yang aman

Menu M-Banking






Sms Banking

Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon Selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service). Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya ceak saldo, mutasi rekening dan sebagainya.
Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking. Keunggulan utama dari SMS banking adalah jika Anda berada di daerah yang tidak memiliki jangkauan internet sama sekali untuk Smartphone, maka SMS banking merupakan solusinya.
SMS banking juga memiliki proses yang lebih praktis dibandingkan Internet Banking dan Mobile Banking. Hal ini dikarenakan sedikitnya tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan satu transaksi.
Kelebihan paling utama dari SMS banking ialah bisa melakukan transaksi perbankan cukup dari rumah tanpa harus cari ATM atau datang ke kantor cabang bank. Waktu dan tempat juga lebih leluasa: bisa dilakukan kapan saja 24 jam dan di mana saja asal area tersebut ter-cover sinyal operator SIM-card yang digunakan untuk melakukan. Dan tentu saja kartu SIM harus memiliki pulsa.
Keuntungan selanjutnya ialah transaksi aman karena menggunakan media pribadi. Asal tidak meminjamkan handphone kepada orang lain saya yakin aman. Jika harus meminjamkan, pastikan semua SMS baik yang diterima ataupun terkirim dihapus terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak ada orang lain tau bahwa nomor ponsel Anda terhubung dengan rekening bank. Sekalipun itu kepada keluarga ataupun pasangan.
Keunggulan SMS banking berikutnya ialah bisa dijalankan dengan ponsel tipe apa saja. Tidak harus i-Phone mahal ataupun android keluaran teranyar, ponsel jadul atau low end juga tidak masalah. Hal ini karena yang dibutuhkan hanya fitur SMS. Jadi, selama hp bisa buat mengetik SMS dan memiliki pulsa maka tidak jadi masalah.
Jenis Transaksi :
−        Transfer dana
−        Informasi saldo, mutasi rekening
−        Pembayaran tagihan (kartu kredit)
−        Pembelian (pulsa isi ulang)
         Informasi kurs

Menu Sms banking


Sumber :


No comments:

Post a Comment